Ini Adalah Cara Untuk Menghindari Jatuh Ke Dalam Investasi Cryptocurrency Palsu

Sebagai salah satu aset investasi yang relatif baru di Indonesia, banyak yang masih skeptis terhadap cryptocurrency. Kurangnya pemahaman tentang
investasi kripto sering digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan investasi kripto.

Bukan hanya cryptocurrency, tetapi pada dasarnya investasi penipuan dapat disalahgunakan oleh penjahat menggunakan aset lain seperti emas, saham, dan valuta asing.

Menurut laporan baru dari Federal Trade Commission (FTC), sejak awal 2021, sekitar 46.000 orang telah melaporkan kerugian dalam cryptocurrency lebih dari $ 1 miliar, atau sekitar Rp 14,4 triliun, karena penipuan.

Jenis penipuan cryptocurrency

Yang paling umum adalah penipuan investasi. Dari semua kerugian penipuan kripto yang dilaporkan ke FTC setelah tahun 2021, $575 juta adalah tentang peluang investasi palsu.

Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk menghindari jatuh ke dalam investasi cryptocurrency palsu yang dapat berbahaya? Pengamat Crypto Desmond Wira menjelaskan bahwa yang terpenting orang tahu aset apa yang diinvestasikan.

“Investasikan pada apa yang Anda ketahui. Ini berlaku jika Anda ingin berinvestasi dengan cara apa pun, termasuk cryptocurrency. Sebelum kita
menginvestasikan sesuatu, pelajari dulu apa itu kendaraan investasi. Misalnya apa resikonya, dll.” kata Desmond

Menurut Desmond, cryptocurrency umumnya merupakan aset yang sangat berisiko. Volatilitas harga yang sangat tinggi. Oleh karena itu, mungkin tidak cocok untuk semua orang, terutama masyarakat umum.

Disclaimer: Semua keputusan investasi ada di tangan pembaca. Harus Teliti dan menganalisis Crypto dahulu sebelum membeli atau menjual. majalahpulsa.net tidak bertanggung jawab sepenuhnya atas dari keuntungan atau kerugian yang timbul dari apapun itu keputusan investasi Anda.

Desmond mengatakan bahwa untuk menghindari penipuan investasi di crypto atau aset lainnya, publik harus mengetahui karakteristiknya dan mengamati perilaku penipuan yang disamarkan sebagai investasi.

“Ini menjanjikan pengembalian yang terlalu tinggi. Bahkan, keuntungan besar ini berfungsi untuk menarik korban. Juga, banyak orang sangat menyukai Instan. Saya ingin cepat kaya tanpa berusaha,” kata Desmond.

“Seringkali mereka secara teratur menjamin banyak keuntungan. Dari dulu hingga sekarang, ciri utama penipuan bisnis investasi adalah memberikan
pengembalian yang tinggi kepada klien kami,” lanjutnya.

Kemudian, ciri kedua dari penipuan investasi terselubung adalah mereka fokus mencari anggota baru daripada menghasilkan sesuatu atau terlibat dalam kegiatan produktif lainnya.

“Pada umumnya, para penipuan yang bertopeng sebagai permainan uang atau money game mewajibkan para target atau para korban untuk mencari lebih banyak lagi korban lain (member get member). Ada mod yang tidak menekankan pendaftaran untuk saat ini, tetapi pada prinsipnya Anda masih membutuhkan banyak anggota agar scam dapat bekerja. Makanya ada yang menggunakan tim pemasarannya untuk mengubah sistem keanggotaan,” kata Desmond.

Ciri ketiga adalah tidak diatur dengan baik. Dalam dunia investasi dan trading, dengan regulasi yang baik merupakan syarat utama. Saat memilih broker, orang harus bisa memilih, misalnya broker yang beritikad baik yang terdaftar di otoritas yang berwenang.

“Dengan cara ini, kemungkinan terjadinya fraud bisa diminimalisir. Biasanya fraud disamarkan sebagai investasi atau trading menggunakan perantara yang ternyata tidak berafiliasi atau memiliki aturan yang jelas,” kata Desmond.

Apalagi investasi palsu biasanya menjual mimpi. Sangat mudah untuk menjadi kaya jika Anda melihat semua orang menjual mimpi. Manajer tidak ragu untuk menjadi kaya. Padahal uang yang mereka keluarkan dengan penuh semangatitu adalah uang para member.

Kemudian fungsi terakhir dari investasi scam

adalah menggunakan testimonial “berhasil”. Mereka biasanya adalah anggota lama yang merasakan ‘manfaat’ dari money game.

“Bahkan semua kebanyakan anggota yang sudah ada selalu mendukung kepada mereka secara militer dan putus asa,” kata Desmond, “karena hal itu menjadi yang lebih awal memasuki system money games atau permainan uang paling diuntungkan. Mereka rajin mencari para anggota baru untuk
diundang dan di ajak bergabung.” ‘ pungkas Desmond.

Jadi, menurut Desmond, jika orang ingin menghindari investasi penipuan di crypto atau aset investasi lainnya, mereka perlu memahami karakteristik umum dari investasi penipuan.

Michael Saylor, CEO Microstrategy, sebuah perusahaan perangkat lunak yang sebelumnya terdaftar di Nasdaq, berbagi pandangannya tentang Bitcoin dalam sebuah wawancara dengan Yahoo Finance Live.

Meskipun banyak aksi yang di jual baru-baru ini Saylor masih optimis pada Bitcoin. Dia bertanya apakah ada target harga di mana Microstrategy akan mulai melikuidasi sebagian Bitcoin. Seperti yang diketahui saat ini, perusahaan memegang 129.218 BTC.

“Tidak, kami ada di sana untuk jangka panjang. Strategi yang kami lakukan adalah dengan membeli Bitcoin dan menyimpan Bitcoin, jadi tidak ada
mentarget harga. Saya ingin kami membeli Bitcoin terbaik di area ini selamanya,'” mengutip Bitcoin .com. Seorang Saylor berkata. , 2 Juni
2022.

“Saya ingin Bitcoin mencapai jutaan dolar. Jadi kami sangat sabar. Kami pikir ini uang masa depan,'” katanya.

CEO Microstrategy

juga mengomentari fenomena jaringan crypto Terra, Luna coin, dan Terra USD (UST) baru-baru ini.

Saylor berkata, “Penghancuran LUNA, UST akan mempercepat regulasi stablecoin dan token keamanan, yang menurut saya akan baik untuk industri ini.”

“Orang-orang akan bangkit dari keterpurukan saat ini itu pikiranku seiring waktu karena mereka mendapatkan pengetahuan dan menjadikan lebih nyaman,” katanya.

Sailor sudah lama optimis tentang Bitcoin. Di bulan Februari, dia mengungkapkan ada sangat banyak bukti mengadopsi institusional. Kemudian, pada bulan November tahun lalu, dia mengatakan bahwa Bitcoin akan muncul sebagai kelas aset senilai $100 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.