Bersaing Dengan Tiktok, Instagram Perpanjang Durasi Reel Hingga 90 Detik

Meta mengumumkan serangkaian fitur baru untuk Reels di Facebook dan Instagram. Salah satunya adalah menambah durasi Reel Instagram menjadi 90 detik.

Sebelumnya, durasi Instagram Reels dibatasi hingga 60 detik. Jadi dengan pembaruan ini, pengguna Instagram dapat membuat video Reels yang berdurasi 15, 30, 60 atau 90 detik.

Pilihan durasi yang ditawarkan oleh Instagram Reels masih terlalu pendek jika dibandingkan dengan TikTok. Sebagai pelopor video pendek, TikTok terus meningkatkan batas durasi video menjadi 10 menit.

Selain itu, Instagram juga menghadirkan beberapa fitur Stories ke Reels, di antaranya stiker slider Poll, Quiz, dan Emoji. Fitur-fitur ini akan tersedia sebagai fitur Reel.

Pengguna Instagram Reels juga dapat menambahkan audio mereka sendiri. Opsi ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan komentar atau suara latar dari video yang setidaknya berdurasi lima detik yang tersimpan di galeri ponsel.

Instagram juga mengumumkan fitur yang telah lama ditunggu-tunggu, Template. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat video Reels baru menggunakan struktur yang sama dengan video yang ada, sehingga pengguna cukup memasukkan konten mereka ke dalam slot yang ada.

Fitur ini mulai dikembangkan April lalu dan mirip dengan fitur-fitur yang sudah ada di TikTok sebelumnya. Tetapi dengan Reels Templates, pengguna dapat menggunakan struktur video dan audio yang ada.

Tidak ketinggalan Facebook Reels juga mendapatkan banyak fitur baru. Salah satunya adalah Sound Sync, fitur yang secara otomatis menyinkronkan konten video dengan audio tambahan, seperti dikutip dari TechCrunch, Jumat (3/6/2022).

Pengguna Facebook Reels juga dapat menambahkan sulih suara ke video mereka. Pembuat konten juga dapat menggunakan fitur pengeditan baru di desktop untuk mengedit konten panjang mereka dan mengubahnya menjadi konten Gulungan. Kreator kini juga dapat membuat, mengedit, dan menjadwalkan Facebook Reel dari desktop.

Terakhir, Facebook akan mulai merekomendasikan lebih banyak konten Reel ke umpan pengguna. Reels akan mulai membanjiri halaman utama Facebook, sama seperti bagaimana Reels terus dipromosikan di Instagram.

[Gambas:Youtube]

Leave a Reply

Your email address will not be published.